logo

Artikel

ORGANIK VS NON-ORGANIK MANAKAH YANG LEBIH BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK?

ORGANIK VS NON-ORGANIK MANAKAH YANG LEBIH BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK?

Semua orangtua tentu akan memberikan asupan awal yang terbaik bagi bayi mereka terutama di tahap awal kehidupan.
Namun makanan apa yang seharusnya diberikan kepada bayi? apakah hal itu sudah tepat?

Terkadang para orangtua sering mengalami kesulitan dalam memilih makanan sehat untuk bayi yang sesuai pada tahap awal pertumbuhan. Karena memilih makanan harus memperhatikan aspek kemanan, kesehatan, kebersihan dan kandungan gizi nya.
Makanan bayi terdiri dari dua jenis yaitu Organik dan Non-organik.

Ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui orangtua sehingga anda dapat memberikan asupan yang terbaik bagi bayi anda.

Makanan non- organik
Kebanyakan makanan bayi dibuat dengan cara dimasak, dihaluskan atau diolah menjadi makanan instan khusus bayi. Bahan makanan non organik seperti apel, kacang hijau, atau beras ditanam, di proses hingga dipanen menggunakan kaedah pertanian konvensional. Sehingga tidak menutup kemungkinan menggunakan pestisida yang tidak aman terutama untuk makanan bayi. selain itu, tidak adanya pengawasan khusus dan penggunaan bahan kimia cenderung bebas.

Sementara, pada makanan organik keseluruhannya di proses dan diproduksi dengan menggunakan metode pertanian organik. Membatasi penggunaan pestisida dan pupuk kimia. Bahan pangan organik juga tidak diproses menggunakan iradiasi, pelarut industri, atau bahan tambahan makanan kimiawi.

Untuk makanan sehat bayi berlabel organik ,diawasi ketat oleh Program Organik Nasional USDA karena sumber makanan organik dipastikan tidak di semprot pestisida atau suntikan hormon. Makanan organik tidak mengandungi apa-apa seperti pewarna buatan atau bahan pengawet.

Manfaat Organik
Tidak seperti makanan non organik yang banyak menggunkan bahan pengawet, karena makanan bayi organik tidak menggunakan bahan pengawet atau kimia berbahaya. Sehingga dapat mencegah bayi anda terkena racun kimiawi atau bahan pengawet makanan yang tidak aman. Hasilnya, pada makanan organik mengandung lebih banyak nutrien dan vitamin yang lebih tinggi.
Bayi yang diberikan makanan non organik cenderung lebih rentan terhadap masalah kesehatan termasuk resiko kegagalan tumbuh kembang. Oleh karena otak dan tubuh bayi adalah yang paling penting dari tahap tumbuh kembang. Sehingga faktor makanan yang diberikan pada tahap awal perkembangan sangat penting diperhatikan.

Manakah yang terbaik ?
Menurut National Institutes of Health, makanan organik lebih sesuai untuk bayi dibandingkan non- organik karena keseluruhan proses nya sangat di jaga dan penggunaan bahan kimia dibatasi. Meskipun pada umumnya makanan bayi organik boleh lebih mahal daripada non-organik tetapi akan cenderung aman dikonsumsi bayi anda.

Selanjutnya dalam memilih produk makanan bayi penting untuk memperhatikan komposisi apa saja yang terkandung di dalamnya. Selain itu sesuaikan dengan porsi dan usia bayi.

Pada usia bayi yang belum mencapai 1 tahun tidak baik menerima makanan yang mengandung manis ataupun asin karena akan mengganggu pada pencernaannya. Sebisa mungkin hindari makanan bayi instan karena tidak baik bagi tumbuh kembangnya yang masih terlalu dini, juga adanya kandungan bahan pengawet yang terdapat dalam makanan instan tersebut.

Latest Artikel

MENGENALKAN MAKANAN BARU PADA ANAKMENGENALKAN MAKANAN BARU PADA ANAK
Kesukaan dan selera bayi pada makanan terbentuk pada tahun pertama. Dalam proses mengenalkan rasa dan tekstur baru, akan ada saat-saat dimana bayi menunjukkan keengganannya. Mungkin saja bisa dibutuhkan upaya sebanyak 15 kali sampai akhirnya bayi menyukai makanan baru yang diberikan. Ayo coba beberapa tips berikut
BERI ANAK MPASI YANG TEPAT DENGAN METODE RESPONSIVE FEEDING
Memberikan MPASI harus tepat, terkadang bayi tidak mau makan bukan hanya masalah menu saja tapi juga masalah mood. Yuk kenali apa itu MPASI serta kapan dan bagaimana cara memberikan MPASI yang tepat berdasarkan metode Responsive feeding dengan prinsip psiko-sosial
Paket Usaha Bubur Organik Procil
Procil adalah jenis usaha modal kecil untung besar dengan system kemitraan bubur organik dengan 7 keunggulan bermitra dengan kami.
© Copyright 2020 Procil. All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT