logo

Berita

BAGAIMANA TANDA BAYI SUDAH SIAP MPASI ?

BAGAIMANA TANDA BAYI SUDAH SIAP MPASI ?

Sistem pencernaan bayi sudah lebih siap mencerna makanan selain susu ibu. Biasanya, ada tanda-tanda umum yang dijumpai pada si bayi, bahwa dia sudah siap menerima MPASI :

• Bayi anda mulai berpaling dari payudara

Kemampuan berpaling dari botol atau payudara, menunjukkan bahwa si Kecil mulai dapat merasakan kenyang, sehingga dia lebih bisa mengatur sendiri jumlah asupan yang dimakan. Dengan begitu, anda bisa mulai mengatur menu MPASI untuknya.

• Bayi sudah bisa menegakkan kepalanya

Pada umumnya, bayi yang berusia 4-5 bulan sudah mulai mencoba menegakkan kepalanya sendiri karena lehernya sudah kuat. Namun yang perlu anda perhatikan adalah, jika kepala si Kecil belum dapat berdiri tegak, maka tak perlu memaksakan memberikan MPASI. Mulailah MPASI pada saat kondisi kepalanya berdiri tegak lurus, karena posisi ini membantu memperlancar pencernaan bayi.

• Si Kecil bisa mengendalikan gerak lidahnya

Ketika bayi mulai menggerak-gerakkan lidah dan mulutnya seperti mengunyah, ini adalah pertanda bahwa dia sudah siap diberikan makanan pendamping. Ditambah kalau si Kecil dapat membuka mulut lebar-lebar saat didekatkan dengan sendok. Hal ini bersifat alami, karena bayi usia 6 bulan bertingkah mengikuti yang dilakukan orang tuanya.

• Bayi sudah bisa duduk di high chair

Jika bayi sudah dapat didudukkan di atas kursi makan khusus bayi, artinya dia sudah bisa mencapai posisi tegaknya. Ini adalah pertanda bahwa si Kecil sudah mampu untuk makan dengan posisi seperti orang dewasa. Mulai MPASI awal, biasakanlah dia menggunakan high chair, untuk menjaga postur tubuh tegaknya dan memperlancar pencernaan.

• Dia memiliki minat terhadap rasa baru

Bayi yang sudah siap menerima MPASI akan tertarik dengan aroma makanan di sekitarnya. Contohnya adalah menu yang akan disantap orang tuanya. Jika dia mulai memandangi suapan demi suapan yang kita makan, itu tandanya bayi mulai penasaran dengan rasa makanan selain ASI yang menjadi makanan utamanya.

Jika bayi anda mulai menunjukkan tanda-tanda tersebut, yuk pelan-pelan mulai mengenalkannya dengan MPASI. Cobalah secara berkala, agar si Kecil juga dapat beradaptasi dengan rasa dan struktur makanan barunya. Selamat mencoba!

Latest Berita

MANFAAT SI LABU KUNINGMANFAAT SI LABU KUNING
Labu Kuning ternyata memiliki manfaat yang begitu besar untuk Buah Hati kita, pengolahan yang tepat dapat meningkatkan nafsu makan Si Kecil.
BELAJAR KODING SEJAK DINI DAPAT MENGASAH OTAK ANAK
Coding alias bahasa pemrograman yang mulai banyak diajarkan di sekolah-sekolah dasar. Bahasa ini bukan digunakan untuk mengobrol dengan orang lain, melainkan sebuah cara bagi seseorang untuk berkomunikasi dengan komputer.
TIPS MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF UNTUK IBU BEKERJA
Faktanya, ASI eksklusif 6 bulan adalah sumber gizi terbaik untuk pertumbuhan buah hati. Bagi ibu rumah tangga, tentu hal ini tidak menjadi kendala, lain halnya dengan para ibu yang bekerja di luar rumah
© Copyright 2017 Procil. Client All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT