logo

Berita

MAKANAN SEHAT SEBAGAI STIMULUS PERTUMBUHAN GIGI BALITA<br>

MAKANAN SEHAT SEBAGAI STIMULUS PERTUMBUHAN GIGI BALITA

Daripada berisiko tersedak atau memasukkan barang yang kotor ke dalam mulut mungilnya, Bunda dapat memberikan stimulasi berupa kudapan bernutrisi agar si Kecil tetap merasa nyaman saat dalam proses pertumbuhan gigi, sehingga pertumbuhan anak pun berkembang dengan optimal, seperti berikut ini.

Bubur Beku

Biasanya para orang tua memberikan teether bayi (berbentuk seperti gelang untuk digigit si Kecil) dingin untuk membantu mengurangi rasa sakit di gusi, akibat pertumbuhan gigi. Namun Bunda bisa menggantinya dengan makanan lembut yang dibekukan, seperti yoghurt, dan bubur buah pisang atau pir, demikian saran dari Eliza Martinez, M.Sc, praktisi sekaligus penulis kesehatan di Livestrong Foundation.

Sayuran Keras

Para peneliti dari organisasi kesehatan yang cukup populer dan kredibel Amerika Serikat, Mayo Clinic Organization, menyarankan untuk menstimulasi pertumbuhan gigi si dengan Kecil mengunyah sayuran yang keras dan dingin, yang juga bisa untuk mengurangi rasa ngilu pada gusi. Wortel dan timun yang sudah dikupas bisa jadi pilihan sempurna. Berikan pengawasan saat mulai mengunyah sayuran tersebut, ganti dengan yang baru jika ia sudah menghabiskan sebagian besar dari sayuran tersebut untuk memberikan perlindungan dari tersedak.

Roti dan Biskuit

Lebih lanjut Elisa menambahkan pemberian roti dan biskuit keras yang dapat dikunyah saat terganggu oleh rasa sakit yang ditimbulkan akibat pertumbuhan gigi. Lebih lanjut, Dental Health Services Victoria Australia, organisasi yang fokus pada penelitian kesehatan gigi, menyebutkan banyak produk biskuit yang dijual di pasaran yang bisa dipilih atau tunjukkan cinta Bunda dengan membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang sudah tersedia di rumah. Potongan roti yang keras ataucrackers juga memberikan efek yang sama.

Buah-Buahan Beku

Makanan beku yang terasa sangat dingin memberikan sensasi menenangkan pada gusinya yang sakit, hal ini sesuai dengan lansiran para peneliti kesehatan gigi di Dental Health Services Victoria Australia.

Selain dapat mengurangi rasa sakit karena pertumbuhan gigi, pemberian buah-buahan beku memberikan asupan nutrisi yang menunjang tumbuh kembang, proses belajar, dan perkembangan kemampuan kognitifnya, sehinga pertumbuhan si Kecil pun optimal. Caranya cukup mudah kok, cukup bekukan potongan besar strawberry, nanas, semangka, mangga, atau pisang. Dukung stimulasi si Kecil untuk mengunyahnya.

Latest Berita

MANFAAT SI LABU KUNINGMANFAAT SI LABU KUNING
Labu Kuning ternyata memiliki manfaat yang begitu besar untuk Buah Hati kita, pengolahan yang tepat dapat meningkatkan nafsu makan Si Kecil.
BELAJAR KODING SEJAK DINI DAPAT MENGASAH OTAK ANAK
Coding alias bahasa pemrograman yang mulai banyak diajarkan di sekolah-sekolah dasar. Bahasa ini bukan digunakan untuk mengobrol dengan orang lain, melainkan sebuah cara bagi seseorang untuk berkomunikasi dengan komputer.
TIPS MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF UNTUK IBU BEKERJA
Faktanya, ASI eksklusif 6 bulan adalah sumber gizi terbaik untuk pertumbuhan buah hati. Bagi ibu rumah tangga, tentu hal ini tidak menjadi kendala, lain halnya dengan para ibu yang bekerja di luar rumah
© Copyright 2017 Procil. Client All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT