teknik atau metode kualitatif menurut soerjono soekanto adalah metode

Halo Selamat Datang di “procil.co.id”

Artikel ini akan membahas tentang teknik atau metode kualitatif menurut Soerjono Soekanto. Teknik atau metode kualitatif ini merupakan salah satu metode penelitian yang banyak digunakan dalam ilmu sosial. Metode ini fokus pada pengumpulan dan penganalisisan data yang tidak dapat diukur secara kuantitatif. Soerjono Soekanto, seorang ahli sosiologi ternama di Indonesia, menyebut teknik atau metode ini sebagai metode kualitatif.

Metode kualitatif menurut Soerjono Soekanto dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara mendalam untuk memahami fenomena yang sedang diteliti. Metode ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang penting untuk dipahami.

Pendahuluan

Dalam pendahuluan, kita akan membahas apa itu teknik atau metode kualitatif menurut Soerjono Soekanto dan mengapa teknik ini penting dalam penelitian sosial. Soerjono Soekanto, seorang sosiolog dan penulis terkenal di Indonesia, menganggap teknik atau metode kualitatif sebagai metode yang efektif untuk memahami dan mendalami fenomena sosial yang kompleks.

Salah satu kelebihan utama dari teknik kualitatif adalah kemampuannya untuk mengeksplorasi dan menggali informasi yang lebih mendalam tentang suatu fenomena. Dalam penelitian kualitatif, peneliti dapat mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan rinci tentang sikap, perilaku, dan pengalaman individu atau kelompok yang sedang diteliti.

Namun, teknik kualitatif juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah bahwa hasil penelitian kualitatif tidak dapat digeneralisasi secara langsung ke populasi yang lebih luas. Selain itu, teknik ini juga memerlukan waktu dan sumber daya yang cukup banyak untuk pengumpulan data dan analisis yang mendalam. Meskipun demikian, teknik kualitatif tetap merupakan metode yang banyak digunakan dan diakui kegunaannya dalam ilmu sosial.

Kelebihan Teknik atau Metode Kualitatif Menurut Soerjono Soekanto

Kelebihan utama dari teknik atau metode kualitatif menurut Soerjono Soekanto adalah kemampuannya untuk mendapatkan informasi yang mendalam tentang fenomena sosial yang sedang diteliti. Dalam penelitian kualitatif, peneliti dapat menjelajahi berbagai aspek yang terkait dengan fenomena tersebut dengan lebih mendalam.

Metode kualitatif juga memungkinkan peneliti untuk memahami konteks sosial yang mempengaruhi fenomena yang sedang diteliti. Peneliti dapat melihat hubungan antara individu dan lingkungan mereka serta faktor-faktor sosial yang memengaruhi sikap, perilaku, dan pengalaman individu atau kelompok tersebut.